Oke, cerita ini terjadi hari Jumat, 27
Feb 2015, saat saya pulang
dari sanggar MBBC abis privat lagu Brass Ensemble “Home Sweet Home” dan “Ave
Verum Corpus K.618”. Niatnya sih, pengen beres privat tuh jam 8 malem, biar bisa pulang ke Bogor cepet. Eh
taunya jam 8 kurang si Dara (anak Mellophone) baru datang. Ya sudah, saya, ka Ita
(Baritone) ama Najwa (Baritone juga) lanjut latihannya.
Pas liat jam, ternyata udah jam
8.45 aje! Dengan muka melas, gw samperin si Muij (Baritone, anak UIN juga),
minta anterin dia pake motor ke stasiun terdekat. Namun, apa boleh dikata,
ternyata dia udah ada yg nebeng, si Rifa (Baritone, mantan anak UIN wkwkw).
Dengan muka sedih, saya pun hanya bisa duduk termenung sambil ngupil (yakali).
Tapi, si Muij ngasih solusi. Ternyata si Finny (Trumpet, jago mijit, manggilnya
gue-elu ama abangnya yg anak Tuba, Aldo), tumben-tumbenan bawa motor. Alhasil
gw nebeng ama dia dan diajak ngebolang malem2 lewat jalan tikus ke stasiun
Pondok Jati, atau nama kerennya POTI.
Pas udah nyampe stasiun Poti,
ternyata keretanya bentar lagi datang. Cuman, itu keretanya hanya sampe stasiun
Depok. Kereta ke bogornya adanya jam 10 malem. Disini kadang saya merasa sedih.
1. Keretanya
cuma ampe Depok, yang pasti harus naek kereta lagi di Depok yang ke arah Bogor.
2. Di
kereta cuma sendirian, ga ada si Maulina (anak CG, UIN juga) yg biasa nemenin
dan ngedengerin ocehan gw yg ga penting.
Pintu kereta pun terbuka, saya
menginjakkan kaki memasuki gerbong ke-2 dari depan. Dinginnya AC makin terasa,
karena di gerbong itu cuma ada saya dan satu orang laki2 yg asik dengerin musik
dari gadgetnya. Bahkan, di gerbong pertama pun, gerbong dimana hanya betina
yang diperbolehkan masuk, hanya ada beberapa cuil orang disana.
Suasana semakin sunyi senyap.
Yang terdengar pun hanya suara mesin kereta dan pengumuman stasiun berikutnya.
Beberapa stasiun terlewati, namun tak ada satu orang pun yg naik di gerbong 2
ini. “Ada apa ini?” pikirku mulai goyah. Karena bete, yaudah gw update2 di
beberapa medsos untuk mengisi kekosongan hati ini *apadah*, sambil sesekali
menatap ke arah gerbong 1.
Namun tiba2,
terdengar suara yang aneh, yang tidak normal di kuping manusia. Suara itu
datang dari belakang, dari gerbong 3. Makin lama, suara itu makin crescendo!
“Ketek..ketek..ketek..ketek..”
Dan betapa
terkejutnya gw, pas nengok ternyata ada dua sosok PKD (petugas keamanan dalam)
KRL yang sedang berlarian! PKD yang memakai baju biru tua, dan memakai helm
putih bak helm Phantom Regiment tanpa
bulu itu berlarian sepeti anak kecil! Mereka menempelkan helm mereka ke
pegangan penumpang untuk berdiri.
![]() |
| pegangan segitiga untuk penumpang KRL Commuter Line Jabodetabek |
Alhasil terciptalah
bunyi ketek-ketek. Mereka tertawa dan berlarian sampai gerbong 1, seakan lupa
bahwa mereka adalah sosok yang disegani. Gw yang tadinya cengo dan bingung liat
keadaaan, akhirnya ketawa ngakak juga. PKD2 itu juga ngakak, kaya yang udah
bodo amat ama lingkungan sekitar.
Ga cuma sampe
situ, mereka balik lagi ke perbatasan antara gerbong 1 dan 2, namun kali ini
mereka duduk hadap-hadapan. Yang bikin ngakak adalah, mereka duduk sambil tertawa,
dan bilang satu sama lain:
“duduk disini
kaya di dufan ya cuy”,
“yang mana?”
tanya satunya.
“ada pokonya
di dufan yg kaya gini.. yang bunyinya teeeenonenooo
tenonenonet *nyanyiin soundtrack dufan*”.
![]() |
| perbatasan gerbong 1 (gerbong wanita) dan gerbong 2, yang mereka sebut dufan |
Sumpah.. ini
pertama kalinya, sosok petugas keamanan, yg ditakutin para maling dan copet,
ngelakuin hal yang konyol kaya gini. Mungkin mereka lelah dengan keadaan haha.
Tapi, setelah
sampai di stasiun Kampung Bandan, beberapa penumpang pun akhirnya ada yang naik
ke gerbong sakral ini. Dan para PKD ini, tiba-tiba menjadi jaim, dan
seakan-akan amnesia dengan apa yg telah mereka lakukan.
![]() |
| tersangka setan ketek-ketek |


